Selasa, 03 Januari 2017

KOMENTAR & IMPLEMENTASI SMART TECHNOLOGY



Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang pesat yang sering disebut dengan “Smart Technology” sekarang ini akan membawa dampak kemajuan di berbagai bidang kehidupan. Masyarakat dengan laju pembangunan masih menghadapi masalah penelitian yang berat terutama dengan kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan. Agar dapat mengikuti dan meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu usaha menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas yaitu melalui pemanfaatan “Smart Technology”.
Peranan guru bukan hanya sebagai sumber belajar, tetapi juga sebagai mediator dan fasilitator aktif untuk mengembangkan potensi aktif yang ada apa dirinya (Rusman : 2012). Guru dituntut harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Pada abad  ke-21 ini, pentingnya pengintegrasian teknologi komputer dalam pembelajaran. Dengan adanya “Smart Technology”, menuntut guru untuk dapat mengoperasikan berbagai media khususnya komputer. Guru memerlukan pengetahuan dan keterampilan dengan materi yang baik, agar bisa disampaikan kepada para peserta didik di sekolah. Awalnya perkembangan pendidikan yang berbasis “Smart Technology” hanya ada pada perguruan tinggi. Namun saat ini, “Smart Technology”  tidak hanya berada pada jenjang perguruan tinggi, tetapi juga sudah ada pada sekolah formal seperti, SD, SMP, SMA/ MA, SMK, bahkan perkembangan “Smart Technology”  juga sudah sampai kepada pendidikan non-formal.
Pendidikan merupakan salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sangat berpengaruh pada perkembangan. Maka dari itu, perkembangan pendidikan adalah hal yang memang seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan yang ada. Perubahan dalam arti perbaikan pendidikan pada semua tingkat perlu secara terus-menerus dilakukan sebagai bentuk antisipasi kepentingan di masa depan. Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa mendatang merupakan pendidikan yang mampu mengembangkan potensi peserta didik, maka yang bersangkutan mampu menghadapi dan memecahkan masalah kehidupan yang dihadapinya dengan “Smart Technology”.
Dengan pemanfaatan Smart Technology di dalam dunia pendidikan, diharapkan akan mampu menggeser sifat pendidikan yang cenderung introvet (tertutup) menjadi ekstrovet (terbuka) dan lebih proaktif, sehingga akan semakin memberdayakan proses belajar mengajar menjadi lebih kreatif, inovatif, kompetitif, dan menyenangkan.
Senada dengan hal tersebut, SD Muhammadiyah 23 Semanggi Surakarta mulai menyesuaikan dengan kemajuan perkembangan “Smart Technology”. Implementasi “Smart Technology” yang ada di SD Muhammadiyah 23 Semanggi antara lain pada bidang administrasi, pengolahan data, dan proses pembelajaran di kelas. Pada bidang administrasi dan pengolahan data memanfaatkan internet dalam pengerjaannya, misalnya meng-upload data ke Dapodik, memberikan informasi terkini melalui blog, dan lain sebagainya. Pada bidang pembelajaran di kelas, SD Muhammadiyah 23 Semanggi juga menggunakan “Smart Technology” dalam bentuk power point dalam menerangkan materi, korelasi antara materi dengan puzzle dan kuis beserta skor penilaiannya, Story bird yang telah disesuaikan dengan materi pembelajaran, diadakannya ekstrakurikuler komputer, dan lain sebagainya. Guna menjaga komunikasi  dan saling bertukar informasi kapanpun dan dimanapun, antara guru dengan guru maupun guru dengan wali murid membentuk suatu group WhatsApp (WA) demi memudahkan berbagai kepentingan. 

 Untuk lebih jelasnya, akan dipaparkan mengenai implementasi “Smart Technology” di SD Muhammadiyah 23 Semanggi Surakarta. Silahkan KLIK --> KOMENTAR & IMPLEMENTASI SMART TECHNOLOGY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar